Rabu, 27 Agustus 2014

Hewan Hewan Yang Abadi



1. Ubur Ubur

Inilah hewan menakjubkan yang disebabkan oleh keabadiannya. Spesies ubur-ubur ini mungkin adalah salah satu hewan di dunia yang benar-benar telah mencapai keabadian. Hal ini disebabkan oleh siklus hidupnya yang dari tahap dewasa ke tahap anak anak lalu diulang lagi, mungkin tidak ada batas dari jangka kehidupannya. Oleh keabadiannya inilah, individu jenis ubur-ubur ini sangat impulsif. Dr. Maria Miglietta dari Institut Smothsonian Tropical Marine mengatakan "We are looking at a worldwide silent invasion" (Kita melihat invasi diam-diam skala dunia).



2. Lobster

Peneliti menemukan bahwa tidak seperti manusia yang seiring waktu menjadi tua dan melemah, lobster malah lebih kuat dan lebih subur seiring bertambahnya umur mereka. Mereka menemukan bahwa hal ini disebabkan karena mereka memiliki kemampuan menghasilkan sebuah enzim bernama telomerase dalam jumlah yang banyak dan konstan.

Enzim Telomerase merupakan enzim yang berfungsi untuk mengatur telomere yang ada di ujung setiap kromosom. Telomere sendiri berguna untuk melindungi kromosom atau DNA dari degradasi.

Pada mahluk hidup umumnya seperti manusia, setiap kali sel Telomere ini membelah diri maka degradasi akan terjadi dan itu akan memburuk seiring bertambahanya usia. Telomere ini juga tidak akan bertambah.

Jadi, selama Lobster tersebut tidak memiliki penyakit, dimangsa, ataupun luka, maka ia dapat hidup selamanya. Bahkan seiring bertambahnya waktu mereka akan mencapai ukuran yang lebih besar, lobster terbesar memiliki berat sekitar 20 kg (kilogram) dan ditemukan di Nova Scotia, Canada, dan diyakini masih ada lobster lebih besar lagi karena sifat keabadian biologis mereka ini.



 3. Hydra

Kehidupan hydra pun tidak jauh berbeda dengan ubur-ubur abadi, mereka seakan terhindar dari kematian. Para ilmuwan meyakini bahwa hydra tidak mengalami fase tua, karena sel tubuh terus memperbaharui dan memperbaiki kerusakan serta membuang semua racun di tubuhnya. Akibatnya hydra tidak mengalami proses penuaan.



4. Lungfish

Lungfish dikenal juga dengan salamanderfish, ternyata memiliki fase kehidupan yang unik. Ia mampu hidup enam bulan lebih tanpa air, dan hidup kembali ketika mendapatkan air. Lungfish merupakan hewan tertua yang ada di bumi, karena mewarisi bentuk dan struktur tubuh primitif. Ia memiliki kemampuan menghirup udara meski tidak berada di dalam air. Lungfish merupakan ikan air tawar, dan rawa yang berlumpur adalah tempat kesukaannya. Wilayah penyebarannya adalah Afrika, Amerika Selatan dan Australia.



5. Tardigrade

Tardigrade merupakan hewan mikroskopik, tubuhnya hanya berukuran 1,5 mm dan tinggal di air. Tardigrade memiliki delapan kaki, penyebarannya pun luas mulai hampir di seluruh negara. Dikatakan hewan abadi karena ia mampu beradaptasi dengan berbagai situasi dan kondisi alam, mulai dari yang ekstreme panas hingga dingin. Jangankan tanpa air, tanpa udara pun tardigrade masih mampu hidup. Dibuktikan dengan sebuah percobaan pada 2007, ketika para peneliti mengirimkan tardigrade ke luar angkasa di orbit rendah.

0 komentar:

Posting Komentar

Buat yang mau komentar, silahkan tidak ada larangan berupa apapun. Namun usahakan menggunakan bahasa yang sopan dan santun.