Jumat, 22 Agustus 2014

Gunung Toba Si Pembunuh



Gunung ini tercatat meletus terakhir kali sekitar 74.000 tahun yang lalu, dimana letusan ini membawa dampak bahkan 20.000 kali lebih dahsyat dari bom yang menghantam Hiroshima dan Nagasaki. Letusan Gunung Toba ini mempengaruhi iklim seluruh dunia hingga selama setahun lebih. Atmosfir tertutup abu vulkanik dari letusan Toba yang maha dahsyat.

Gunung Tambora, yang diketahui sebagai letusan gunung terdahsyat yang pernah diketahui peradaban manusia, bila dibandingkan dengan letusan Toba, maka akan memberikan perbandingan 80:2800 atau 1:35 dari perbandingan skala letusan Gunung Tambora dan Gunung Toba. Sekalipun tak pernah tercatat dalam buku sebagai letusan terdahsyat sepanjang masa, kini, bukti-bukti mengenai letusan gunung Toba ini mulai terlihat.

Sebagaimana yang dikutip dari blog Argakencana, Letusan Gunung Toba ini menjadi letusan yang paling membunuh sepanjang masa, hingga hanya menyisakan sekitar 30.000 manusia yang selamat.

0 komentar:

Posting Komentar

Buat yang mau komentar, silahkan tidak ada larangan berupa apapun. Namun usahakan menggunakan bahasa yang sopan dan santun.