Jumat, 22 Mei 2015

Bumi Hanyalah Butiran Debu Diantara Luasnya Jagat Raya

Mungkin kita pernah berpikir betapa luasnya Bumi yang kita tempati sekarang dimana terdapat Benua, Samudra dan juga pulau pulau tak berpenghuni. Namun pernahkah kita berpikir kalau sebenarnya Bumi dan segala sesuatu yang berada di dalamnya itu hanyalah debu saja, bila dibandingkan dengan luasnya Jagat Raya yang berada jauh dari luar Bumi dan juga sistem Tata Surya kita.


Di atas adalah gambaran dari Tata Surya dimana terdapat Bumi tempat kita berpijak sekarang. Kita lanjut dengan penampakan dari Matahari yang terdapat pada Galaksi Bima Sakti dimana sistem Tata Surya kita terletak.


Disini terlihat Matahari pun tampak kecil bila dibanding dengan galaksi Bima Sakti. Dimana di dalam Galaksi Bima sakti memiliki 200 milyar Bintang/Planet, termasuk Bumi dan matahari di dalamnya. Adapun jarak Matahari ke inti galaksi Bima sakti adalah 28.000 tahun cahaya (1 tahun cahaya = 9,46 trilun km) yaitu sama dengan 264.880.000.000.000.000 km. Dan diameter Galaksi Bima Sakti adalah 120.000 tahun cahaya atau 1.135.200.000.000.000.000 km.

Sekarang katakanlah kita sedang bergerak menjauh dari Galaksi Bima Sakti yaitu untuk melihat posisi Galaksi Bima Sakti dalam sebuah Cluster yang bernama Local Group, dimana didalamnya terdapat antara lain Galaksi Andromeda, Galaksi Triangullum, Galaksi Magellan dan lain lain.


Dari gambar di atas tampak jelas Galaksi sebesar Bima Sakti pun sudah tampak kecil dan hampir tak nampak. Nah adapun luas dari Local Group ini adalah 4 juta tahun cahaya atau sama dengan 37.840.000.000.000.000.000 km.

Saatnya kita beranjak pergi menuju Supercluster Bernama Virgo Supercluster dimana terdapat Cluster yang ditempati oleh Galaksi Bima Sakti dan juga Local Groupnya. Selain Virgo Supercluster masih ada lagi Supercluster lainnya di alam semesta ini contohnya Fornax Supercluster, Endarus Supercluster, dll.


Gambar di atas adalah Virgo Supercluster dimana Local Group yang menampung Galaksi Bima Sakti berada.

Untuk diketahui bahwa Supercluster ini memiliki Panjang 300 juta tahun cahaya, Lebar 150 juta tahun cahaya, dan tebal 15 juta tahun cahaya. Dimana Supercluster ini bisa manampung ribuan Cluster termasuk Cluster dimana Galaksi Bima Sakti berada.

Dan mungkin Anda penasaran dimanakah letak dari Virgo Supercluster ini jika dibandingkan dengan luasnya jagat raya.


Kurang lebih begitulah posisi Virgo Supercluster jika dibandingkan dengan luasnya jagat raya, hampir tak terlihat dan hanya berupa titik putih saja.

Sebagai tambahan ini terdapat beberapa pengertian dari Jagat Raya, Supercluster, Cluster dan Galaksi.

1. Jagat Raya merupakan kumpulan dari 10 juta Supercluster.

2. Supercluster adalah kumpulan dari ribuan Cluster yang ada di jagat raya.

3. Cluster adalah kumpulan dari 100 milyar galaksi di jagat raya.

4. Galaksi adalah kumpulan dari 30 milyar Bintang/Planet di jagat raya.

Adapun di bawah ini adalah gambar rangkuman penampakan dari Bumi bila dibandingkan dengan luasnya jagat raya.


Dari sini kita sebagai manusia pastilah tahu diri dan tak ada gunanya kita menyombongkan diri dengan segala sesuatu yang kita miliki, karena apalah arti kita jika Bumi saja hanya merupakan Debu di jagat raya yang begitu luasnya.

6 komentar:

Buat yang mau komentar, silahkan tidak ada larangan berupa apapun. Namun usahakan menggunakan bahasa yang sopan dan santun.