Minggu, 02 Agustus 2015

Beberapa Jenis Penyakit Menular Seksual (PMS)






Penyakit Menular Seksual (PMS) adalah adanya infeksi virus atau bakteri yang biasanya ditularkan dari aktifitas seksual.

Sampai saat ini setidaknya terdapat 29 Jenis Penyakit Menular Seksual yang paling umum diderita orang. Di Negeri Paman Sam, selain penyakit Flu, PMS adalah suatu penyakit yang umum terjadi. Sampai sampai andaikata jika seluruh orang Amerika yang menderita PMS itu dipindahkan ke negara Bagian Kanada, maka jumlah penduduk Kanada akan menjadi Dua Kali lipat dari yang ada sekarang. Kasus penyakit lewat hubungan seksual memang sangat tinggi dan menjadi epidemi di negara Amerika Serikat.

Dan berikut beberapa Penyakit Menular Seksual (PMS) yang paling umum terjadi :

1. Herpes Genital
Herpes Genital adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus Herpes simpleks Tipe 1(HSV-1). Seperti pada jenis penyakit kelamin lainnya, Herpes ini terkadang muncul tanpa gejala tertentu namun mereka tetap bisa menular ke orang lain. Obat Herpes antara lain adalah Asiklovir, Famsiklovir, Valasiklovir, obat ini dapat meringankan gejala Herpas namun tidak mampu menyembuhkan Herpes.

2. Sifilis

Sifilis adalah Penyakit Menular Seksual (PMS) yang disebabkan oleh bakteri Treponema Pollidum. Tanda dan gejala Sifilis bervariasi bergantung pada fase mana penyakit tersebut muncul (primer, sekunder, laten, dan tersier).
Fase Primer secara umum ditandai dengan munculnya ulserasi keras, tidak menimbulkan rasa sakit, tidak gatal di kulit. Sifilis Sekunder ditandai dengan ruam yang menyebar, yang seringkali muncul di telapak tangan dan tumit kaki. Sifilis Laten biasanya tidak memiliki atau hanya menunjukkan sedikit gejala, dan Sifilis Tersier dengan gejala gumma, neurologis, atau jantung.
Namun, penyakit ini telah dikenal sebagai "peniru ulung" karena kemunculannya ditandai dengan gejala yang tidak sama. Diagnosis biasanya dilakukan melalui tes darah. Namun, bakteri juga dapat dilihat melalui mikroskop. Sifilis dapat diobati secara efektif dengan antibiotik, khususnya dengan suntikan Penisilin G.

3. Gonore
Gonore ini disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae yang mudah tumbuh dan berkembang di area saluran reproduksi, termasuk di leher rahim, uterus (rahim) dan di tuba fallopi pada wanita dan juga pada saluran urin  (uretra) pada pria dan wanita.
Gonore adalah penyakit menular seksual yang sangat umum terjadi. Centers for Diseases Control (CDC) memperkirakan lebih dari 700.000 orang di Amerika Serikat mengalami infeksi Gonore setiap tahun.
Gejala penyakit Gonore ini adalah kulit melepuh, rasa terbakar ataupun gatal pada saat buang air kecil dan jika tidak segera diobati Gonore dapat menimbulkan infeksi pada otak ataupun jantung.
Dokter biasanya akan memberikan satu suntikan antibiotik dan satu tablet antibiotik untuk mengobati gonore, serta menganjurkan agar Anda kembali lagi satu atau dua pekan setelah pengobatan awal untuk pemeriksaan ulang dan memastikan bakteri gonore telah hilang sepenuhnya.

4. Klamidia
Klamidia (Chlamydia) adalah penyakit menular seksual nomor satu paling banyak diderita oleh penduduk Amerika Serikat. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Chlamydia Trachomatis yang dapat merusak organ reproduksi wanita. Gejala yang tampak pada Klamidia ini tergolong ringan atau bahkan tanpa gejala sama sekali, tetapi jika terjadi komplikasi yang serius, penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan yang permanen pada organ reproduksi sehingga menyebabkan mandul.
Pada kaum pria, tanda - tanda Klamidia terlihat dari keluarnya cairan dari penis, timbul rasa nyeri pada saat buang air kecil, dan terjadi pembengkakan pada testis. Sedangkan pada wanita, gejala Klamidia adalah nyeri pada perut bagian bawah, merasakan sakit pada saat berhubungan badan, dan terjadi pendarahan tidak teratur selama menstruasi.

 5. Genital Wart/Kutil Kelamin 
 Biasa juga disebut infeksi genital HPV yaitu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV). Human Papillomavirus adalah nama dari kelompok virus yang mencakup lebih dari 100 jenis yang berbeda. Lebih dari 30 jenis virus ini bisa ditularkan melalui hubungan seksual, dan akan menginfeksi daerah kelamin pria dan wanita termasuk kulit penis, vulva (daerah diluar vagina), ataupun juga anus.
Di Amerika Serikat kasus penyakit Genital Wart ini mencapai 1 juta kasus per tahun. Obatnya tidak ada, walaupun kutil kelamin tadi bisa hilang dengan cara operasi namun setelah itu gejala yang sama akan datang kembali.

6. Hepatitis B

Hepatitis B adalah virus ataupun kuman yang masuk ke tubuh dan menyerang hati. Hati pada tubuh kita berfungsi untuk membantu mencerna makanan, menyimpan energi dan menyingkirkan racun. Beberapa kasus penyakit Hepatitis B dapat menyebabkan kerusakan hati (Sirosis). Hepatitis B juga bisa menyebabkan terjadinya kanker hati yang dapat menyebabkan kematian.
Hepatitis B adalah satu satunya penyakit menular seksual yang bisa dicegah dengan jalan vaksinasi.

Demikianlah beberapa jenis penyakit menular seksual yang paling umum terjadi pada manusia. Selain masih banyak penyakit menular seksual lainnya seperti Trichomonas, Hepatitis C, Pelvic Inflammatory Disease (PID), Vaginitis dan masih banyak lagi yang lainnya. Umumnya penyakit menular seksual ini diderita oleh orang - orang berusia produktif dan paling banyak diderita oleh orang berumur di bawah 25 tahun.



0 komentar:

Posting Komentar

Buat yang mau komentar, silahkan tidak ada larangan berupa apapun. Namun usahakan menggunakan bahasa yang sopan dan santun.